Pelatihan Mikrokontroler oleh Jurusan Teknologi Pertanian Politeknik Negeri Jember Guna Meningkatkan Pengetahuan dan Keterampilan dalam Mendukung Tri Dharma Peguruan Tinggi

Jurusan Teknologi Pertanian Politeknik Negeri Jember bekerjasama dengan Swiss Contact telah sukses menyelenggarakan Pelatihan Mikrokontroler bagi Dosen dan PLP Teknisi di lingkungan Jurusan Teknologi Pertanian. Pelatihan ini dilaksanakan pada Laboratorium Komputasi Pertanian, Jurusan Teknologi Pertanian, Politeknik Negeri Jember pada tanggal 19 hingga 22 Juni 2023. Kegiatan pelatihan ini diikuti oleh dua belas peserta, terdiri dari lima dosen dan tujuh teknisi yang memiliki bidang keilmuan yang terkait dengan Mikrokontroler.

Kegiatan Pelatihan Mikrokontroler ini menghadirkan narasumber dari Politeknik ATMI (Akademi Teknik Mesin Indonesia) Surakarta, yaitu Johan Wandi Wicaksono, S.Tr.T. Selama empat hari pelatihan, peserta mendapatkan materi dan praktek yang beragam terkait mikrokontroler, seperti Struktur Program Arduino, Basic Communication Serial, Basic Communication I2C, Digital I/O, Analog I/O, dan Display. Pada hari terakhir pelatihan, setiap peserta diberikan tugas untuk membuat sebuah project berupa Alat Data Logger Pengukur Suhu, Kelembapan, dan Jarak.

Pada acara penutupan pelatihan, Dr. Budi Hariono M.Si, selaku Ketua Jurusan Teknologi Pertanian Politeknik Negeri Jember, memberikan sambutannya yang menyatakan, "Pelatihan ini diharapkan dapat meningkatkan pengetahuan dan keterampilan dosen serta PLP Teknisi dalam mendukung kegiatan pendidikan, penelitian, dan pengabdian masyarakat." Beliau juga mengapresiasi hasil dari pelatihan ini berupa Alat Data Logger Pengukur Suhu, Kelembapan, dan Jarak yang akan digunakan dalam kegiatan di Laboratorium. Hal ini menunjukkan bahwa dampak dan manfaat dari pelatihan ini akan dapat dirasakan.

Dengan terselenggaranya Pelatihan Mikrokontroler ini, diharapkan pengetahuan dan keterampilan peserta, baik dosen maupun teknisi, dapat ditingkatkan. Selain itu, hasil pelatihan ini juga diharapkan dapat mendukung kegiatan Tri Dharma Perguruan Tinggi yang dilakukan oleh Jurusan Teknologi Pertanian Politeknik Negeri Jember.